Penjualan merupakan salah satu aspek yang penting bagi perusahaan Pengelolaan penjualan yang kurang baik secara langsung akan merugikan perusahaan. Untuk itulah diperlukan sistem pengendalian intern penjualan agar dapat mengurangi kemungkinan terjadinya penyelewengan, pemborosan, ketidakefektifan dan ketidakefisienan yang dapat merugikan perusahaan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan data primer seperti hasil wawancara dengan pemilik perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada Perusahaan Jessy Cake yang berlokasi Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah implementasi sistem pengendalian intern terhadap aktivitas penjualan. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini, penulis membahas implementasi sistem pengendalian intern terhadap aktivitas penjualan mulai dari dokumen, catatan yang digunakan sampai prosedur yang membentuk sistem tersebut. Secara keseluruhan, penulis menilai sistem pengendalian intern masih diperlukan. Dengan sistem pengendalian yang lebih memadai akan dapat membantu pemilik untuk memajukan perusahaan.
|