Book's Detail
IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN KONSINYASI PADA CV SINAR BAKTI JAYA SIDOARJO

Sistem informasi akuntansi maupun pengendaliannya terkadang kurang diterapkan atau diimplementasikan serta diperhatikan dalam perusahaan khususnya yang masih dalam skala kecil contohnya seperti CV Sinar Bakti Jaya. Melihat dari besarnya keuntungan dari mengimplementasikan suatu sistem informasi akuntansi dan kerugian jika sistem informasi akuntansi tersebut tidak diimplementasikan. Hendaknya hal tersebut dapat dijadikan alasan untuk setiap perusahaan yang berskala besar maupun berskala kecil memahami betapa pentingnya pengimplementasian suatu sistem informasi akuntansi dalam menjalankan usahanya tersebut. Oleh karena penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana implementasi mengenai sistem informasi akuntansi penjualan konsinyasi, apakah sudah baik dan benar.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode analisis penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan deskriptif. Dengan menganalisis prosedur atau sistem dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penjualan konsinyasi khususnya transaksi dengan consignee. Informasi mengenai data perusahaan dan dokumen-dokumen diperoleh dari informan yaitu Pemimpin Redaksi dan Pemimpin Perusahaan CV Sinar Bakti Jaya. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan teknik dokumentasi dan teknik wawancara. Kemudian, setelah data-data yang dibutuhkan diperoleh dan dianalisis langkah selanjutnya adalah membandingkan dengan kajian teori yang ada, membuat alur informasi (information flow) serta mendeskripsikannya dalam sebuah informasi akuntansi yang diperoleh dengan cara mendesain input, proses dan output secara manual dan komputerisasi.
Hasil penelitian yang dicapai adalah pengimplementasian rancangan sistem informasi akuntansi oleh CV Sinar Bakti Jaya. Sistem tersebut adalah sistem informasi akuntansi penjualan konsinyasi yang telah dirancang dengan menggunakan program Microsoft Visual Basic 6.0, Microsoft Access 2010 serta Crystal Reports. Sistem informasi akuntansi penjualan konsinyasi tersebut diharapkan dapat mempermudah sistem yang telah berjalan sebelumnya, sehingga dapat memberikan informasi yang akurat berupa laporan.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang ODILIA TAMARISKA SETIJAWAN - Personal Name
M. Yovita R. Pandin - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN ---
Subyek SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Klasifikasi NONE
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FE-UKDC
Tahun Terbit 2013
Tempat Terbit Surabaya
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...