Bibl.
Pertumbuhan hotel di Surabaya semakin pesat khususnya hotel bintang tiga. Seiring dengan berkembangnya hotel bintang tiga maka tingkat persaingan juga semakin ketat untuk menarik minat konsumen menginap di hotel. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh Product terhadap keputusan menginap. (2) mengetahui pengaruh Price terhadap keputusan menginap. (3)
mengetahui pengaruh Place terhadap keputusan menginap. (4) mengetahui pengaruh Promotion terhadap keputusan menginap. (5) mengetahui pengaruh kelompok referensi terhadap keputusan menginap. (6) mengetahui apakah kelompok referensi memoderasi pengaruh Product terhadap keputusan menginap. (7) mengetahui apakah kelompok referensi memoderasi pengaruh Price terhadap keputusan menginap. (8) mengetahui apakah kelompok referensi memoderasi pengaruh Place terhadap keputusan menginap. (9) mengetahui apakah kelompok referensi memoderasi pengaruh Promotion terhadap keputusan menginap. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah konsumen yang menginap di Hotel Gunawangsa Manyar Surabaya. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Product, Price, Promotion tidak berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan menginap, Place dan Kelompok Referensi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan menginap, kelompok referensi tidak memoderasi Product, Price, Place terhadap keputusan menginap tetapi kelompok referensi memoderasi Promotion terhadap keputusan menginap.
|