Bibl.
Bisnis merupakan kegiatan produktif yang dapat meningkatkan perekonomiansuatu Negara. Bisnis property adalah salah satu bisnis yang sedang diminati saat initerutama di Surabaya. Tingkat persaingan yang sangat ketat ini menuntut produsengranit tile untuk selalu berupaya meningkatkan daya saing melalui banyak aspekyang dapat ditawarkan ke pasar. Kualitas produk dan kualitas layanan adalah beberapa aspek yang sangat penting karena konsumen menginginkan produk dan
pelayanan yang sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Penelitian ini dilakukanuntuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas produk dan kualitas layananterhadap keputusan pembelian pada PT. Surabaya Keramik di Surabaya. Metodeyang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif verifikatif yang padadasarnya ingin menguji kebenaran dari suatu hipotesis yang dilaksanakan melalui pengumpulan data di lapangan guna memprediksi dan menjelaskan hubungan atau pengaruh dari suatu variabel terhadap variabel lainnya. Banyaknya sampel yang diteliti adalah 50 responden yang merupakan pelanggan PT. Surabaya Keramik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa persamaan regresi linear berganda untuk pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian adalah Y= -1,586 + 0,067 (X1) + 0,148 (X2). Kualitas produk dengan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,330 membuktikan hipotesis pertama bahwa kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT. Surabaya Keramik, berdasarkan t hitung ≤ t tabel (0,984≤ 1,677) dengan uji dua pihak dan derajat bebas (df)= 50-2=48; α = 0,60. Kualitas layanan dengan tingkat signifikansi 0,003 masuk dalam kriteria berpengaruh terhadap keputusan pembelian, berdasarkan t hitung > t tabel (1,690>1,677). Dari hasil uji Regresi yang memiliki peranan terbesar adalah kualitas layanan (X2), yaitu Nilai koefisien regresi untuk kualitas layanan (X2) memiliki nilai sebesar 0,148.
|