Bibl.
Persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat. Hal ini juga dirasakan para pelaku bisnis di bidang kuliner khususnya pemilik-pemilik Warkop di Sidoarjo.Warkop Istana adalah salah satu Warkop yang ada di Sidoarjo saat ini.Warkop Istana harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen.
Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 75 orang konsumen dari Warung Kopi Istana Sidoarjo kemudian,dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif meliputi: uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t, serta analisis koefisien determinasi (R2). Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah menggunakan SPSS versi 19, sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:
Y = 0,750 + 0,421 X1 + 0,499 X2 + 0,043 X3
Dimana, variabel Kepuasan Konsumen (Y).variabel Kualitas Pelayanan (X1), variabel Harga (X2) dan variabel Lokasi (X3). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa kedua variabel independen yaitu Kualitas Pelayanan (X1) danHarga (X2) yang diteliti terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen Kepuasan Konsumen (Y) sedangkan satu variabel independen yaitu Lokasi (X3) terbukti tidak berpengaruh terhadap variabel dependen Kepuasan Konsumen (Y). Angka Adjusted R Square sebesar 0,528 menunjukkan bahwa, 52,8 persen variabel Kepuasan Konsumen dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi, serta memiliki tingkat hubungan yang sedang. Sedangkan sisanya sebesar 47,2 persen, dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
|