Bibl.
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui kualitas produk dan kualitas pelayanan karyawan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Dharmawangsa Restaurant Singgasana Hotel Surabaya 2) untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan karyawan secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan Pelanggan di Dharmawangsa Restaurant Singgasana Hotel Surabaya.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Non Probability Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi yang dipilih menjadi sampel. Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan keperluan penelitian. Artinya setiap unit/individu yang diambil dari populasi dipilih dengan sengaja berdasarkan pertimbangan tertentu, jumlah sampel untuk penelitian sebanyak 100 responden.
Hasil analisis dari hasil uji F menunjukkan bahwa variabel bebas kualitas produk (X1), dan kualitas pelayanan karyawan (X2) secara simultan berpengaruh terhadap kepuasaan pelanggan (Y) di Dharmawangsa Restaurant Singgasana Hotel Surabaya. dimana F hitung (90.663) > F tabel (3,938). Dari hasil uji t menunjukkan bahwa kualitas produk (X1) secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Dharmawangsa Restaurant Singgasana Hotel Surabaya karena t hitung (10.712) > t tabel (1,985) dengan tingkat signifikan 0,000 yang berarti signifikan karena 0,000 < dari nilai α = 0,05. Sedangkan untuk variabel kualitas pelayanan karyawan (X2) secara parsial berpengaruh terhadap kepuasaan pelanggan di Dharmawangsa Restaurant Singgasana Hotel Surabaya karena t hitung (3.720) > t tabel (1,985) dengan tingkat signifikan 0,000 yang berarti signifikan karena 0,000 < dari nilai α = 0,05.
|