Bibl.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh bauran pemasaran jasa (produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan bukti fisik) terhadap kepuasan konsumen di Café Konig Surabaya.
Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diambil dari jawaban responden yang mengisi kuesioner yaitu konsumen Café Konig Surabaya yang terpilih dan memenuhi kriteria sebagai responden. Sedangkan data sekunder penelitian ini diperoleh dari penelitian sebelumnya, literatur yang berkaitan dengan penelitian rumah makan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 175 sampel. Metode analisis
yang digunakan adalah metode regresi linear berganda (multi linear regression). Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Jalur (Path Analysis).
Hasil analisis menunjukkan ada variabel yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen yaitu dengan tingkat signifikan untuk variabel Produk sebesar 0,001, Orang sebesar 0,000, dan Bukti Fisik sebesar 0,000 dan beberapa variabel tidak memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap kepuasan konsumen yaitu dengan tingkat signifikan variabel Harga sebesar 0,591, Promosi sebesar 0,045,
Tempat sebesar 0,329, dan Proses sebesar 0,718. Karena hanya variabel produk, orang, dan bukti fisik yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di Café Konig Surabaya, hal ini perlu diperhatikan lagi namun tidak melupakan variabel-variabel lainnya yang tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen Café Konig Surabaya.
Untuk Café Konig hendaknya lebih berinovatif lagi dalam menerapkan strategi pemasaran, dalam hal ini pengembangan atribut produknya, mempertahankan atau meningkatkan pelayanan yang ada, dan menciptakan suasana lebih nyaman lagi agar dapat bersaing dan menarik pasar sasaran.
|