Bibl.
Industri pariwisata tidak akan pernah lepas dari industri perhotelan, hotel ada karena bentuk dari pariwisata. Menginformasikan dan mengkomunikasikan segala produk, layanan atau jasa yang dijual adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh pemasar. Untuk mengadakan promosi, maka setiap perusahaan harus dapat menentukan dengan tepat alat atau media promosi manakah yang dipergunakan agar dapat mencapai keberhasilan dalam penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media promosi yaitu media cetak, media elektronik, dan media online berpengaruh terhadap keputusan konsumen memilih Gunawangsa Hotel Manyar Surabaya.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Gunawangsa Hotel Manyar Surabaya dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dan metode koefisien determinasi berganda Pengujian hipotesis menggunakan uji t pada taraf nyata 5%. Metode koefisien determinasi berganda (Adjusted R Square) diperoleh hasil sebesar 0,563 yang berarti variabel media cetak (X1). Media elektronik (X2) dan media online (X3) memberikan pengaruh pada tingkat hubungan sedang terhadap keputusan konsumen (Y) memilih Gunawangsa Hotel Manyar Surabaya.
Hasil uji F menjelaskan bahwa variable eksogen berpengaruh positif signifikan terhadap variable endogen (Y) dengan nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel (43,504 > 2,699). Dengan menggunakan uji t bahwa: media cetak (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan konsumen, terbukti t hitung > t tabel (2,494 > 1,985). Dengan menggunakan uji t bahwa: media elektronik (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan konsumen, terbukti t hitung > t tabel (2,265 > 1,985). Dengan menggunakan uji t bahwa: media online (X3) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan konsumen, terbukti t hitung > t tabel (7,359 > 1,985).
|