Toko Surya Abadi adalah sebuah toko bangunan yang menjual berbagai jenis barang. Toko surya Abadi belum menggunakan analisa break even point untuk mendorong pencapaian target penjualan guna mencapai target laba. Obyek penelitian ini adalah retailer yaitu Toko Surya Abadi yang menjual berbagai bahan bangunan yang berlokasi di Surabaya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang melakukan perhitungan matematik. Sumber data penelitian ini berasal dari sumber data sekunder yaitu data penjualan dan data biaya Toko Surya Abadi. Variabel penelitian ini adalah anlisa BEP yaitu sebagai titik pada saat pendapatan penjualan cukup untuk menutup semua biaya produksi dan penjualan tetapi tidak ada laba yang diperoleh. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu menjelaskan penggunaan analisis BEP dalam merencanakan laba yang diinginkan. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan kompoisisi biaya tetap dan biaya variabel Toko Surya Abadi saat ini, maka tingkat break event point Toko Surya Abadi untuk produk semen adalah sebesar 388 buah dan untuk produk pasir adalah 39 m3. Tingkat penjualan dalam nilai rupiah yang harus dicapai oleh Toko Surya Abadi untuk menutup semua biaya operasional tahun 2012 adalah sebesar Rp 24.111.484 untuk semen dan produk pasir sebesar Rp.5.772.000. Berdasarkan nilai break event point Toko Surya Abadi, maka Toko Surya Abadi bisa menetapkan target penjualan yang dicapai untuk mencapai target laba yang diinginkan. Tingkat break event point Toko Surya Abadi tahun 2012 ini akan berubah ketika harga jual setiap produk berubah, biaya variabel tiap unit produk berubah, dan biaya tetap Toko Surya Abadi berubah.
|