Bibl.
Begitu banyak produk makanan dan minuman yang sangat dikenal dikalangan masyarakat karena rasanya yang enak dan harganya terjangkau, membuat konsumen lebih memilih makanan dan minuman yang belum pernah mereka coba atau produk baru. Untuk meningkatkan loyalitas konsumen maka setiap perusahaan harus berani menciptakan produk yang baru. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, promosi dan tempat terhadap kepuasan konsumen pada Ruboba Drink Corner Surabaya. Dimana variabel idependen yaitu produk (X1), harga (X2), promosi (X3) dan tempat (X4) serta kepuasan konsumen (Y) sebagai variabel independennya. Penelitian ini menggunakan 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi Y=7.379+0,004X1+0.198 X3+0.075 X4. Berdasarkan analisis data statistik, indikator – indikator pada penelitian ini valid dan reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, tidak terjadi heterosdastisitas, dan
berdistribusi normal. Berdasarkan Uji t semua variabel yang tidak berpengaruh signifikn yaitu variabel produk (X1) sebesar thitung 0,031 < ttabel 1,660, siq 0,976 > 0,10, promosi (X3) berpengaruh signifikan sebesar thitung 2,112 > ttabel 1,660, siq 0,056 < 0,10, variabel tempat (X4) thitung 0,692 < ttabel 1,660, siq 0,491 > 0,10. Adjust R Square 0,21 atau 2,1%. Hal ini berarti hubungan antara produk(X1), promosi(X3) dan tempat(X4) terhadap kepuasan konsumen rendah, sisanya sebesar 97,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
|