Bibl.
Industri jasa mengalami peningkatan yang sangat pesat, terutama di bidang kuliner. Dengan berkembangnya wisata kuliner di Surabaya juga mempengaruhi tingkat persaingan, maka diperlukan strategi untuk memenangkan hati konsumen. Dalam penelitian ini product, price, place dan promotion. Penelitian ini dilakukan di dua tempat yaitu Wisata Kuliner Deles dan Sentra PKL Convention Hall Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari product, price, place dan promotion secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dari dua tempat berbeda. Dengan menggunakan regresi linear berganda, dan mengambil sampel 100 konsumen dan dibagi secara acak pada 2 tempat yaitu 50 di Wisata Kuliner Deles dan 50 di Sentra PKL Convention Hall Surabaya. Dalam penelitian ini juga dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis untuk melihat pengaruhnya.
Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel product, price, place dan promotion secara signifikan, tidak semua variabel berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Pada Wisata Kuliner Deles diperoleh hasil variabel product thitung > ttable (3.000 > 1,984) maka berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, variabel price thitung > ttable (2,639>1,984) maka berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, variabel place thitung < ttable (0,577 < 1,984) maka tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, variabel promotion thitung > ttable (2,772 >
1,984) maka berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Hasil penelitian pada Sentra PKL Convention Hall Surabaya variabel product thitung > ttable (2,946 >
1,984) maka berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, variabel price thitung < ttable (1,846 < 1,984) maka tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, variabel place thitung < ttable (0,992 < 1,984) maka tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, variabel promotion thitung < ttable (0,1,374 <
1,984) maka tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen.
|