Bibl.
Di era modern transportasi menjadi salah satu penunjang penting dalam kegiatan sehari-hari. Transportasi merupakan sarana perkembangan yang penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi penduduk. Hal ini menyebabkan meningkatnya kebutuhan dari jasa Transportasi Berbasis Online (TBO) yang memprioritaskan keamanan dan kenyamanan. Namun, kenyamanan yang dimiliki TBO masih memiliki beberapa kekurangan. Hal ini terlihat dari beberapa keluhan yang sering terjadi dalam penggunaan TBO. Dalam penelitian ini digunakan metode SERVQUAL untuk menentukan atribut, Conjoint Analysis untuk mengolah data, serta Ability To Pay (ATP) dan Willingness To Pay (WTP) untuk menetapkan tarif angkutan TBO yang dibandingkan dengan kemampuan dan kemauan pengguna jasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi atribut yang dianggap penting terhadap mutu kualitas pelayanan, mengukur level yang dianggap penting dalam menentukan tingkat kepuasan serta menghitung nilai ATP dan WTP. Hasil dari penelitian ini didapatkan atribut yang dianggap penting adalah: empati (31,598%), keresponsifan (27,593%), keandalan (15,179%), bukti fisik (13,406%), jaminan (12,224%). Level yang dianggap penting adalah: perhatian petugas (-.669), waktu menunggu antar kedatangan (-.283), sistem informasi pelayanan (-.250), jaminan keamanan dan keselamatan (-.086), jam operasional (-.040),
kelengkapan atribut (-.027). Nilai ATP adalah Rp. 3.011,- dan nilai WTP adalah Rp. 28.183,-. Nilai ATP
|