Setiap perusahaan harus mempertimbangkan variabel-variabel kualitas
produk, harga, promosi dan saluran distribusi sebagai pendukung utama di dalam
memenuhi kebutuhan dan keinginan serta kepuasan pelanggan. Oleh karena itu
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel kualitas produk, harga,
promosi dan saluran distribusi mempunyai pengaruh terhadap keputusan
pembelian lampu LED pada PT. Citra Bintang Fajar Indo.Penelitian ini dapat
dikategorikan dalam causal research, dimana menggunakan kuesioner sebagai
alat pengumpul data (fakta, pendapat, sikap) dari responden. Dalam penelitian ini
variabel yang digunakan adalah dua variabel penelitian yaitu variabel bebas (X)
adalah kualitas produk (X1), harga(X2), promosi (X3), saluran distribusi (X4) dan
variabel terikat (Y) adalah keputusan pembelian dalam membeli lampu LED pada
PT. Citra Bintang Fajar Indo. Skala yang dipakai adalah skala Likert. Jumlah
sampel ditetapkan sebanyak 30 orang konsumen aktif yang telah melakukan
pembelian berulang pada PT. Citra Bintang Fajar Indo. Teknik analisa data yang
digunakan adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier
berganda, uji koefisien korelasi (R) dan koefisien determinasi (R2), adjusted R
Square dan standart Error of the estimate, korelasi parsial dan pengujian hipotesis.
Berdasarkan dari hasil pengujian secara simultan bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 22,813
> 2,759, maka H0 ditolak pada tingkat signifikansi 5 %. Dengan demikian hasil
analisa dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa kualitas produk (X1),
harga(X2), promosi (X3), saluran distribusi (X4) mempunyai pengaruh secara
simultan terhadap keputusan pembelian lampu LED pada PT. Citra Bintang Fajar
Indo. Dilihat dari besarnya koefisien determinasi didapatkan bahwa pengaruh
variabel bebas (kualitas produk, harga, promosi, dan saluran distribusi) terhadap
keputusan pembelian pada penelitian adalah sangat besar yaitu sebesar 78,5%.
Dan adanya pengaruh kualitas produk (X1), secara parsial terhadap keputusan
pembelian lampu LED pada PT. Citra Bintang Fajar Indo. Hal ini didasarkan dari
hasil pengujian bahwa nilai thitung untuk variabel kualitas produk sebesar 3,515.
Dari semua nilai thitung untuk variabel bebas didapatkan hanya nilai thitung kualitas
produk yang lebih besar dari ttabel sebesar 2,060 dengan tingkat signifikansi 0,002
< 0,025, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa kualitas produk mempunyai
pengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian lampu LED
pada PT. Citra Bintang Fajar Indo.
|