Book's Detail
Analisis Strategi Pengembangan di Toko Roti Merlyn Bakery Surabaya

Pada negara berkembang seperti Indonesia sektor industri mempunyai peranan yang
sangat penting di dalam menunjang perekonomian Indonesia. Perindustrian di Indonesia
terbagi menjadi beberapa bagian, antara lain perindustrian di bidang minyak dan gas, bidang
makanan dan minuman, dan masih banyak lagi .
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor – faktor eksternal dan internal pada
toko roti Merlyn dan mengkaji strategi usaha yang sudah dilakukan oleh toko roti Merlyn.
Sehingga dengan adanya penelitian ini dapat diperoleh input untuk menetapkan strategi yang
tepay utnuk mengembangkan usaha toko roti Merlyn.
Toko Roti Merlyn merupakan salah satu diantara toko roti yang ada di Surabaya.
Toko Roti Merlyn berada di jalan Ngagel Jaya No 70 Surabaya. Toko Roti Merlyn
memproduksi dan menjual produk hasil olahan sendiri. Sehingga para konsumen selalu
dimanjakan dengan cita rasa khas yang tidak dimiliki oleh toko roti yang lainnya. Hal inilah
yang dipertahankan oleh Toko Roti Merlyn dalam usaha untuk mempertahankan para
konsumen agar tidak mengalihkan pilihannya pada toko roti yang lainnya. Bukan hanya
mempertahankan para konsumen lama, Toko Roti Merlyn juga ingin mengembangkan
usahanya supaya bisa menarik para konsumen baru.
Untuk mengetahui bagaimana cara mengembangkan Toko Roti Merlyn dilakukan
penelitian menggunakan metode SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat ), matriks
EFE (External Factor Evaluation) dan IFE (Internal Factor Evaluation). Metode SWOT
dapat diketahui apa saja kekuatan merlyn yang dapat dipertahankan dan dikembangkan serta
kelemahan merlyn yang harus dibenahi sehingga merlyn dapat lebih baik dikemudian hari.
Selain itu juga digunakan matriks Perencanaan Strategi Kuantitatif atau Quantitative
Strategic Planning Matrix ( QSPM ) untuk mengintegrasikan faktor internal dan eksternal
yang relevan terhadap proses keputusan.
Matriks EFE yang dilakukan menghasilkan total nilai tertimbang sebesar 2, 851714.
Peluang nilai tertimbang sebesar 0,254383. Sedangkan ancaman nilai tertimbang 0,23488.
Matiks IFE melakukan total nilai tertimbang sebesar 2,577177. Dengan kekuatan nilai
tertimbang 0,240188 sedangkan kelemahan nilai tertimbang 0,14756.
Matriks IE adalah matriks yang mengetahui posisi perusahaan pada saat ini. Matriks
IE di peroleh dari matiks EFE dan matrik IFE. Analisis SWOT menghasilkan sembilan buah
strategi yang diurutkan prioritas pelaksanaannya dengan dengan analisis QSPM. Urutan
prioritas strategi yang utama adalah menetapkan harga yang bersaing dan menjaga kwalitas
dari produk hasil olahan dari toko roti Merlyn. Dengan perhitungan TAS sebesar 5,51280469.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang SHANTY SHATYA DHARMA - Personal Name
Thyophoida W.S.P. - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN ---
Subyek Strategi Pengembangan
Klasifikasi NONE
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FE-UKDC
Tahun Terbit 2013
Tempat Terbit Surabaya
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...