Di era globalisasi ini persaingan bisnis telah membuat berbagai perusahaan
berlomba untuk merebut dan mempertahankan pangsa pasarnya. Salah satu sektor
usaha yang ada adalah sektor perdagangan, khususnya yang bergerak di bidang
kuliner. Sebagaimana kita ketahui bisnis kuliner berkembang sangat pesat, hal ini
didukung oleh sebagian masyarakat Surabaya yang suka makan, oleh karena itu
penjual harus melakukan strategi pemasaran yang tepat sehingga dapat menjadi
kompetitif dalam persaingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
produk, harga dan pelayanan berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap
keputusan pembelian di Rumah Makan Ayam Goreng Ny. Suharti Surabaya.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Rumah Makan Ayam Goreng Ny.
Suharti Surabaya dengan jumlah responden sebanyak 80 orang. Metode analisis
yang digunakan adalah regresi linier berganda. Pengujian hipotesis menggunakan
uji F dan uji t pada taraf nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, harga, dan pelayanan memiliki
pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Ayam
Goreng Ny. Suharti Surabaya. Dari hasil uji F terbukti bahwa variabel produk
(X1), harga (X2) dan pelayanan (X3) secara simultan berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian, dimana nilai Fhitung > Ftabel yaitu 13,622 > 2,72.
Dengan menggunakan uji t terbukti bahwa produk (X1) berpengaruh terhadap
keputusan pembelian, terbukti thitung > ttabel yaitu 2,557 > 1,99167, harga (X2)
berpengaruh terhadap keputusan pembelian, terbukti thitung > ttabel yaitu 2,235 >
1,99167, pelayanan (X3) berpengaruh terhadap keputusan pembelian, terbukti
thitung > ttabel yaitu 4,505 > 1,99167. Dari hasil penelitian dapat diperoleh bukti
bahwa variabel pelayanan (X3) yang dominan dari variabel lain nya, terbukti t
hitung = 4,505, diikuti oleh variabel lainnya yaitu secara berurutan adalah produk
(X1) 2,557 dan harga (X2) = 2,235.
|