Book's Detail
PENERAPAN METODE ACTIVITY BASED COSTING DALAM PENENTUAN TARIF KAMAR DI RUMAH SAKIT BERSALIN SITI AMINAH SURABAYA

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penentuan tarif kamar pada Rumah Sakit Bersalin Siti Aminah Surabaya dengan menggunakan metode activity Based Costing sehingga menghasilkan tarif kamar yang akurat dan dapat dijadikan sebagai acuan dalam menetapkan tarif kamar rawar inap yang ditetapkan selama ini. Penelitian ini dilakukan karena Rumah Sakit Bersalin Siti Aminah Surabaya belum pernah melakukan perhitungan harga pokok layanan kamar rawat inap sebelumnya.
Penelitian ini dilaksanakan pada Rumah Sakit Bersalin Siti Aminah Surabaya yang terletak di Jl. Semolowaru Tengah I No 16-18 Surabaya. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder yang di dapat dari Rumah sakit Bersalin Siti Aminah Surabaya. Metode analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dimana metode ini digunakan untuk menghitung data kuantitatif untuk memperoleh tarif kamar dan untuk membahas hasil analisis lebih lanjut, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif yang kemudian membandingkan tarif kamar rawat inap rumah sakit berdasarkan activity based costing dengan realisasinya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perhitungan tarif kamar rawat inap dengan menggunakan activity based costing memberikan hasil tarif yang lebih kecil untuk kelas I dan kelas II, sedangkan pada kelas III memberikan hasil tarif yang lebih besar dibandingkan dengan tarif yang diterapkan oleh rumah sakit saat ini. Hal ini disebabkan karena pada metode activity based costing, biaya overhead pada masing-masing produk dibebankan pada banyak cost driver. Sehingga dalam metode activity based costing, telah mampu mengalokasikan biaya aktivitas ke setiap kamar secara tepat berdasarkan konsumsi biaya masing-masing aktivitas.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang CHRISTIAN HUTAURUK - Personal Name
Wahyudiono - Personal Name
Edisi
No. Panggil
ISBN/ISSN ---
Subyek
Klasifikasi NONE
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FE-UKDC
Tahun Terbit 2013
Tempat Terbit Surabaya
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...