PT. Jaya Kencana Surabaya yang merupakan perusahaan jasa kontraktor
yang menangani bidang elektrikal berupaya untuk menciptakan suatu kondisi
yang baik dan menguntungkan bagi para konsumen. Dimana dalam melakukan
pemasaran jasa mmbutuhkan beberapa faktor diantaranya pemberian harga yang
dapat dijangkau oleh konsumen, melakukan promosi penjualan dengan
menyebarkan brosur serta iklan kepada masyarakat.
Dari ketiga faktor yang terdiri dari harga, promosi penjualan serta
pelayanan diharapkan dapat memberikan kepuasan kepada para konsumen setelah
menggunakan jasa perusahaan untuk menciptakan suatu hubungan yang baik
antara konsumen dengan perusahaan.
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah tentang “Pengaruh Harga,
Promosi Penjualan dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Jaya
Kencana Surabaya.”
Untuk mengetahui pengaruh variabel bebas yaitu faktor-faktor yang
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada PT. Jaya Kencana Surabaya yang
meliputi harga, promosi penjualan dan pelayanan, digunakan teknik regresi linier
berganda dengan alat bantu program SPSS versi 16.0.
Hasil uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama
(simultan) antara variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) yakni Fhitung 26,614 >
Ftabel 2,74, H0 ditolak dan H1 diterima, berarti bahwa harga, promosi penjualan dan
pelayanan benar-benar memiliki pengaruh secara simultan yang nyata (signifikan)
terhadap kepuasan konsumen pada PT. Jaya Kencana Surabaya. Dengan hasil
tersebut menunjukkan bahwa hipotesis pertama terbukti kebenarannya.
Hasil uji t untuk variabel harga (X1) didapatkan thitung = 2,477 > ttabel =
2,016, H0 ditolak dan H1 diterima, berarti bahwa harga benar-benar memiliki
pengaruh yang nyata (signifikan) terhadap kepuasan konsumen, maka dapat
disimpulkan bahwa kepuasan konsumen dipengaruhi oleh harga tersebut. Hasil uji
t untuk variabel promosi penjualan (X2) didapatkan thitung = 2,560 > ttabel = 2,016,
H0 ditolak dan H1 diterima, berarti bahwa promosi penjualan benar-benar
memiliki pengaruh yang nyata (signifikan) terhadap kepuasan konsumen, maka
dapat disimpulkan bahwa kepuasan konsumen dipengaruhi oleh promosi
penjualan tersebut. Hasil uji t untuk variabel pelayanan (X3) didapatkan thitung =
3,082 > ttabel = 2,016, H0 ditolak dan H1 diterima, berarti bahwa pelayanan benarbenar
memiliki pengaruh yang nyata (signifikan) terhadap kepuasan konsumen,
maka dapat disimpulkan bahwa tinggi rendahnya kepuasan konsumen dipengaruhi
oleh naik turunnya pemberian pelayanan tersebut. Dengan hasil tersebut
menunjukkan bahwa hipotesis kedua terbukti kebenarannya.
Dari hasil uji statistik secara parsial yang telah peneliti lakukan, maka
dapat diketahui bahwa variabel bebas (X) yang memiliki pengaruh dominan
terhadap variabel terikat (Y) adalah variabel pelayanan (X3) dengan tingkat
signifikansi sebesar 0,003 < standart signifikansi 0,05 dengan nilai thitung = 3,082 >
ttabel = 2,016.
|