Peluang usaha restoran di Surabaya mulai dari restoran mewah yang
menyajikan hidangan dengan harga tinggi sampai pada restoran yang menyajikan
makanan dan minuman dengan harga murah terus bertambah, dibarengi dengan
berbagai konsep dan ragam jenis makanan yang ditawarkan juga terus bertambah.
Restoran Kapin adalah bisnis keluarga yang sudah turun-temurun dan baru
membuka cabang pertamanya di Jl Raya Kupang Indah 23 Surabaya. Dari
fenomena ini, maka timbul masalah bagaimana cara menjaga loyalitas konsumen
restoran.
Penelitian yang dilakukan di restoran Kapin ini, bertujuan untuk
mengetahui apakah ada pengaruh dari faktor produk, pelayanan dan harga
terhadap loyalitas konsumen di restoran Kapin, dan untuk mengetahui manakah
dari faktor produk, faktor pelayanan dan faktor harga yang lebih dominan
mempengaruhi loyalitas konsumen di restoran Kapin tersebut. Untuk menjawab
tujuan penelitian, metode yang digunakan adalah teknik analisa regresi linier
berganda.
Dengan metode regresi linear berganda, didapatkan hasil bahwa produk,
pelayanan dan harga, memiliki pengaruh yang positif terhadap kepuasan
konsumen Restoran Kapin Jl. Raya Kupang Indah 23 Surabaya, hal ini
ditunjukkan dengan persamaan Y = 1.614 + 0.203 (X1) + 0.152 (X2) + 0.201 (X3).
Dengan metode uji F terbukti bahwa kepuasan pelanggan pada produk (X1),
pelayanan (X2) dan harga (X3), berpengaruh simultan terhadap loyalitas
konsumen, karena Fhitung > Ftabel yaitu 36.182 > 2.70. Sedangkan dengan metode
uji t terbukti produk, pelayanan dan harga secara parsial mempunyai pengaruh
signifikan terhadap loyalitas konsumen, dimana pada variabel produk (X1) thitung >
ttabel yaitu 3.548 > 1.985 dan tingkat signifikansi 0.001 < 0.025, variabel
pelayanan (X2) thitung > ttabel yaitu 3.823 > 1.985 dan tingkat signifikansi 0.413 >
0.025, variabel harga (X3) thitung > ttabel yaitu 4.369 > 1.985 dan tingkat signifikansi
0.000 < 0.025. Berdasarkan hasil analisa data, dapat disimpulkan bahwa variabel
produk (X1), dan variabel harga (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap
loyalitas konsumen, sedangkan variabel pelayanan (X2) berpengaruh tidak
signifikan terhadap loyalitas konsumen. Variabel harga yang merupakan variabel
yang paling dominan mempengaruhi loyalitas konsumen.
|