Perkembangan ekonomi yang cepat sekali berubah dewasa ini cukup jelas
terlihat dalam grafik penjualan yang secara umum menunjukkan kenaikan dan
penurunan dalam waktu yang tidak dapat diperkirakan sebelumnya. Hal tersebut
juga disebabkan oleh perubahan keadaan lingkungan yang cepat dan dinamis
dewasa ini merupakan dampak dari kemajuan teknologi dan informasi. Perubahan
ini terutama dirasakan dalam dunia industri, dimana industri-industri yang telah
berdiri mulai mengalihkan penggunaan teknologi lama dengan teknologi baru
yang canggih dengan harapan akan meningkatkan proses produksi, hal ini
mendorong munculnya berbagai jenis produk dipasaran.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini mengambil judul
“Pengaruh Harga, Produk dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada PT.
Bambi Surabaya.”
Pokok permasalahan yang dihadapi perusahaan apakah harga, produk dan
promosi berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap volume penjualan pada
PT. Bambi Surabaya. Kemudian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
menganalisa apakah harga, produk dan promosi berpengaruh secara simultan
terhadap volume penjualan pada PT. Bambi Surabaya.
Pengujian hipotesis secara simultan didapatkan Fhitung 16,966 > Ftabel 2,72,
H0 ditolak dan H1 diterima, berarti bahwa struktur organisasi, produk dan
promosi benar-benar memiliki pengaruh secara simultan yang nyata (signifikan)
terhadap volume penjualan pada PT. Bambi Surabaya. Maka hipotesis pertama
terbukti kebenarannya
Pengujian hipotesis secara parsial didapatkan: hasil uji t variabel harga
(X1) didapatkan thitung = 4,373 > ttabel = 2,021, H0 ditolak dan H1 diterima, berarti
bahwa harga benar-benar memiliki pengaruh yang nyata (signifikan) terhadap
volume penjualan, maka dapat disimpulkan bahwa volume penjualan dipengaruhi
oleh harga tersebut. Hasil uji t variabel produk (X2) thitung = 3,770 > ttabel = 2,021,
H0 ditolak dan H1 diterima, berarti bahwa produk benar-benar memiliki pengaruh
yang nyata (signifikan) terhadap volume penjualan, maka dapat disimpulkan
bahwa volume penjualan dipengaruhi oleh produk tersebut. Hasil uji t variabel
promosi (X3) Hasil uji t didapatkan thitung = 3,572 > ttabel = 2,021, H0 ditolak dan
H1 diterima, berarti bahwa promosi benar-benar memiliki pengaruh yang nyata
(signifikan) terhadap volume penjualan, maka dapat disimpulkan bahwa tinggi
rendahnya volume penjualan dipengaruhi oleh naik turunnya pemberian promosi
tersebut.
|