Tujuan utama perusahaan pada umumnya adalah untuk memperoleh laba yang optimal. Hal ini tidaklah mengherankan karena dengan laba suatu perusahaan dapat
mempertahankan hidupnya dan memperluas usahanya.
Selain itu keberhasilan suatu perusahaan sering kali dinilai dari tingkat laba yang dihasilkan. Untuk menghasilkan laba, suatu perusahaan dapat melakukan dua cara.
Cara pertama dengan menaikan harga jual. Tindakan ini memang dapat meningkatkan laba namun dalam kondisi persaingan yang semakin ketat ini, perusahaan
tidak mudah untuk menaikan harga jual karena dapat menyebabkan konsumen lari ke produk pesaing yang memiliki harga yang lebih murah dengan kualitas produk
yang sama. Cara kedua adalah dengan menekan biaya produksi secara efisien dan mengendalikan komponen biaya-biayanya sehingga biaya produksi yang dikeluarkan
dapat ditekan seminimal mungkin. Biaya produksi yang tidak terkendali akan menyebabkan harga pokok terlalu tinggi, yang selanjutnya akan menurunkan daya saing produk
dan akhimya dapat menurunkan laba untuk itu biaya produksi harus dicatat dengan baik dan dihitung dengan benar sehingga dapat menghasilkan harga pokok produk
yang tepat. Dengan demikian perusahaan dapat menetapkan harga yang kompetitif,yang dapat mengoptimalkan laba sekaligus memenuhi tuntutan konsumen. Secara
umum harga pokok produksi dapat diartikan sebagai seluruh biaya yang dikorbankan dalam proses produksi untuk mengelola bahan baku menjadi barang jadi. Adapun
biaya-biaya tersebut meliputi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik. Ketiga komponen biaya tersebut harus dicatat dengan baik dan dihitung
dengan benar sehingga dapat menghasilkan harga pokok produk yang tepat. Dengan demikian perusahaan dapat menetapkan harga yang dapat mengoptimalkan laba
sekaligus memenuhi tuntutan konsumen jual yang kompetitif. Di dalam perusahaan terdapat struktur organisasi. Struktur organisasi menggambarkan hubungan wewenang
dan tanggung jawab bagi setiap yang ada. Secara umum struktur organisasi CV. Matracons terdiri dari; Direktur,Plant Manager, Production Supervisor, Leader, Quality control, Marketing,Estimotor, Teknisi,Drafter,Accounting,Prodruction and Planing Control,Ware House. Prosedur penentuan harga pokok produksi pada CV. Matracons adalah bagian
marketing mendapatkan order dari customer, kemudian marketing membuat form isian design dan diserahkan kepada drafter kemudian gambar diserahkan marketing untuk
di acc kan ke customer. Setelah gambar tersebut di acc, estimator akan membuat rincian spesifikasi per item barang beserta harga pokok produksi, yang mana didalam harga
pokok produksi terdapat biaya bahan baku biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik. Dan bagian marketing memberikan mark-up sekian porsen untuk keuntungan perusahaan,
Ialu rincian harga pokok produksi tersebut di sah kan dengan approval direktur dan manager finance.
|