Book's Detail
Laporan Keuangan Koperasi Santa Agnes

Laporan keuangan merupakan sumber informasi kuantitatif yang esensial bagi pihak-pihak yang berkepentingan terhadap suatu perusahaan, termasuk pada koperasi. Di Indonesia telah ditetapkan suatu standar akuntansi keuangan untuk badan usaha koperasi dalam menyusun laporan keuangan. Standar itu dapat terkandung dalam Pemyataan Standar Akuntansi Keuangan NO.27 yang mengatur tentang akuntansi perkoperasian.
Penelitian ini dilakukan di Koperasi Santa Agnes . Adapun tujuan dari penelitian ini sejalan dengan perumusan masalah yang diambil yaitu untuk mengetahui apakah Koperasi Santa Agnes sudah menerapkan PSAK No. 27 sebagai pedoman dalam peyajian laporan keuangannya.
Penelitian dilakukan berupa studi kasus yang bersifat deskriptif, yaitu dengan mengumpulkan dan menguraikan data yang ada dilapangan, kemudian diklasifikasikan, dianalisa, dan selanjutnya diinterpretasikan sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai keadaan yang diteliti untuk menarik kesimpulan generalisasi yang bersifat umum.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa badan usaha ini belum sepenuhnya menerapkan PSAK No. 27 dalam penyajian laporan keuangannya. Hal ini terlihat dari laporan keuangannya yang hanya terdiri dari Neraca dan Perhitungan Hasil Usaha Sementara Laporan Arus Kas, Laporan Promosi EkonomiAnggota, dan Catalan atas Laporan Keuangan tidak disajikan. Ketidaklengkapan unsur dari laporan keuangan tersebut dapat dapat mengakibatkan informasi yang disajikan dapat diandalkan dan tidak sempuma ditinjau dari segi relevansinya. Untuk itu Koperasi Santa Agnes harus menerapkan PSAK No. 27 untuk menghindari terjadinya penyimpangan baik dari segi penyajian maupun bentuk dari laporan keuangan tersebut.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Suryanti, Emi-09126007 - Personal Name
Permatasari, Anita - Personal Name
Edisi
No. Panggil LAP KP FE-A SUR l 2012
ISBN/ISSN ---
Subyek Laporan Keuangan
PSAK No. 27
Klasifikasi NONE
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FE-UKDC
Tahun Terbit 2012
Tempat Terbit Surabaya
Deskripsi Fisik vii, 41hlm : tab : il ; 29cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...