Sistem merupakan kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Seiring dengan perkembangan, UD. Borobudur juga telah memiliki sistem. Sistem UD. Borobudur masih dilakukan secara manual, sehingga masih ada kesalahan dalam penyampaian informasi. Penyampaian informasi yang kurang, menyulitkan pemilik dalam mengontrol hutang. Pengontrollan hutang sangat penting bagi perusahaan, karena kurangnya informasi hutang dapat berdampak buruk bagi perusahaan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimana data yang diperoleh berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model interaktif (Interactive Model of Analysis). Model ini ada tiga komponen analisis, yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan, dilakukan dengan bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data (data collecting) sebagai suatu siklus.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa sistem lama pada UD. Borobudur kurang efektif, maka diperlukan perbaikan sistem. Perbaikan sistem pada UD. Borobudur berupa penggunaan komputer dalam mencatat, menghitung dan membuat laporan, dimana dengan adanya perbaikan sistem diharapkan akan mempermudah pemilik dalam memperoleh informasi, terutama dalam sistem hutang.
|