Perkembangan teknologi informasi yang demikian pesat menjadikan website sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah organisasi/perusahaan dalam hal layanan bagi pengguna/pelanggan. Layanan suatu website perlu diukur untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna dan memperoleh umpan balik. Dalam penelitian ini, kualitas website Universitas Katolik Darma Cendika diukur dengan menggunakan metode Webqual. Webqual merupakan instrumen yang menilai kualitas suatu website menurut perspektif pengguna akhir. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kualitas layanan website lama serta meredesain website baru Universitas Katolik Darma Cendika. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah motode Webqual. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner (angket) yang disebar kepada 100 responden. Adapun responden dalam penelitian ini adalah civitas akademika Universitas Katolik Darma Cendika dan pengguna umum lainnya. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengolahan data, pengorganisasian data dan penemuan hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan yang diberikan oleh website www.ukdc.ac.id masih perlu banyak perbaikan. Berdasarkan pengukuran menggunakan model Webqual, item pada dimensi kemudahan penggunaan (usability) yaitu website memiliki link disetiap unit kerjanya dan website memiliki tampilan yang menarik memperoleh persentase 38,2% dan 38,6%, item
pada dimensi kualitas informasi (information quality) yaitu website menyediakan informasi yang tepat waktu memperoleh persentase 39,6% sedangkan item pada dimensi kualitas interaksi (interaction quality) yaitu website memberikan ruang untuk komunitas/organisasi memperoleh persentase 39,6%. Dengan demikian maka perancangan dan pembuatan website www.ukdc.ac.id ini diharapkan dapat menarik lebih banyak pengunjung, memberikan informasi yang berkualitas serta memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengakses informasi.
|