Kebab Kings merupakan salah satu dari sekian banyak franchise makanan yang cukup diminati oleh masyarakat Indonesia. Kebab Kings adalah sebuah bisnis makanan cepat saji
berbasis utama “ kebab” dan telah menjadi spesialis kebab di bidangnya karena terus mengembangkan ragam jenis kebab hingga memiliki banyak varian. Untuk meningkatkan
penjualan Kebab Kings yang perlu diperhatikan yaitu dari kualitas produk dan kualitas layanan sehingga bisa mempengaruhi kepuasan konsumen sehingga setelah merasa puas
konsumen akan menjadi loyal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Kebab Kings
di Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan 4 variabel yaitu Kualitas layanan (X1), Kualitas Produk (X2) , Kepuasan (Y1) dan Loyalitas Pelanggan (Y2). Dengan populasi yaitu Pelanggan “
Kebab Kings” Sidoarjo yang diambil sampel sebanyak 75 responden. Pengukuran data yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi
Berganda, Uji Hipotesis Regresi Parsial (uji t). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa, hasil dari Uji Validitas adalah valid, Uji Reliabilitas adalah reliable, Uji Asumsi Klasik yang telah di uji, memenuhi persyaratan. Dari hasil model regresi berganda yaitu Y1 = 0,484 + 0,129 X1 + 0,410 X2 dan Y2 = 0,886 + 0,084 X1 + 0,220 X2 + 0,319 Y1. Dari hasil Uji Hipotesis Parsial (t) yaitu Variabel Kualitas Layanan berpengaruh positif signifikan (0,000) terhadap kepuasan. Hipotesis pertama diterima karena nilai t hitung (4,805) > t
tabel (1,994). Variabel Kualitas Produk berpengaruh positif signifikan (0,000) terhadap kepuasan pelanggan. Hipotesis kedua diterima karena nilai t hitung (7,138) > t tabel (1,994). Variabel Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif signifikan (0,016) terhadap loyalitas pelanggan Hipotesis ketiga diterima karena nilai t hitung (2,475) > t tabel (1,994). Variabel Kualitas Layanan berpengaruh positif signifikan (0,014) terhadap loyalitas pelanggan Hipotesis keempat diterima karena nilai t hitung (2,506) > t tabel (1,994). Variabel Kualitas produk berpengaruh positif yang signifikan (0,009) terhadap loyalitas pelanggan. Hipotesis kelima diterima karena nilai t hitung (2,683) > t tabel (1,994). Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas layanan dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Kebab Kings. Variabel kualitas layanan, kualitas produk dan kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas Kebab Kings di Sidoarjo.
|