Perkembangan industri mobil di Indonesia dengan bermacam merek yang digunakan oleh perusahaan produsennya juga menjadi isu merek ini menjadi sangat strategis dikarenakan dapat menjadi sarana bagi perusahaan untuk mengembangkan dan memelihara kepuasan konsumen. Setiap konsumen memiliki perilaku pembelian yang berbeda-beda, karena konsumen berasal dari berbagai segmen dan gaya hidup yang tentu memiliki sikap dan pola pikir berbeda dalam menilai suatu objek. Perbedaan kebutuhan dan keinginan konsumen perilaku pembelian yang unik. Dengan adanya keputusan pembelian yang dipengaruhi oleh merek dan gaya hidup maka akan terciptanya kepuasan dari konsumen itu sendiri.
Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Ekuitas Merek dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Pada Mobil Nissan Juke di Surabaya (Studi di Nissan Basuki Rahmat di Surabaya)”. Mempunyai tujuan penelitian yaitu mengetahui linier antara ekuitas merek, gaya hidup (lifestyle) dan keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen dalam membeli Mobil Nissan Juke di Showroom Nissan Basuki Rahmat Surabaya. Sumber data yang dipakai adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah menyebar kuesioner secara langsung ke Nissan Juke Indonesia Accotitation (NJIA) Surabaya. Untuk keperluan analisis data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pengujian statistik yang dibantu dengan program SPSS 17.0 dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi linier berganda sebesar V = 4.117 + 5.780 X1 + 2.994 X2 dan Y = 2.892 + 4.883 X1 + 2.440 X2 + 5.662 V . Sedangkan nilai koefisien determinasi keputusan pembeliannya adalah 64,2% dan
60,1%. Angka tersebut mempunyai maksud bahwa pengaruh ekuitas merek dan lifestyle terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen sebesar 64,2% dan 60,1%, sedangkan 35,8% dan 39,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan uji t dapat diterangkan bahwa variabel ekuitas merek (X1) berpengaruh parsial terhadap keputusan pembelian (V) = thitung (5,128) > ttabel (2,0117), variabel lifestyle (X2) berpengaruh parsial terhadap keputusan pembelian (V) = thitung (2,382) > ttabel (2,0117), variabel ekuitas merek (X1) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y) = thitung (4,656) > ttabel (2,0129), variabel lifestyle (X2) berpengaruh parsial terhadap kepuasan konsumen (Y) = thitung(2,135) > ttabel
(2,0129), dan variabel keputusan pembelian (V) berpengaruh parsial terhadap kepuasan konsumen (Y) = thitung (5,722) > ttabel (2,0129).
|