Book's Detail
Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan dengan harga sebagai variabel intervening pada RS. Paru Surabaya

Dewasa ini masalah kesehatan telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat, maka semakin meningkat pula tuntutan masyarakat akan kualitas kesehatan. Hal ini menuntut penyedia jasa pelayanan kesehatan seperti rumah sakit untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik, tidak hanya pelayanan yang bersifat penyembuhan penyakit tetapi juga mencakup pelayanan yang bersifat pencegahan (preventif) untuk meningkatkan kualitas hidup serta memberikan kepuasan bagi konsumen selaku pengguna jasa kesehatan Pasien akan merasa puas apabila ada persamaan antara harapan dan kenyataan pelayanan kesehatan yang diperoleh. Kepuasaan pasien mempunyai kaitan yang erat dengan hasil pelayanan kesehatan, baik secara medis maupun non medis seperti kepatuhan terhadap pengobatan, pemahaman terhadap informasi medis dan kelangsungan perawatan yang ditandai dengan 5 variabel kepuasan pasien yaitu Bukti langsung (tangibles), Keandalan (reliability), Daya tangkap (responsiveness), Jaminan (assurance), Empati (empathy). Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dengan Harga Sebagai Variabel Intervening Pada
RS Paru Surabaya”. Mempunyai tujuan penelitian yaitu mengetahui hubungan linier antara Bukti langsung (tangibles), Keandalan (reliability), Daya tangkap (responsiveness), Jaminan (assurance), Empati (empathy) terhadap kepuasan pelanggan dalam berobat rawat jalan di RS Paru Surabaya. Sumber data yang dipakai adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang lakukan oleh peneliti adalah menyebar kuesioner secara langsung ke pasien yang sedang berobat rawat jalan di RS Paru Surabaya. Untuk keperluan analisis data dalam penelitiaan ini, peneliti menggunakan pengujian statistik yang dibantu dengan program SPSS 21 dengan menggunakan analisis jalur / path. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan dengan harga sebagai variabel intervening. Berdasarkan uji t substruktur 1, variable yang berpengaruh terhadap harga yaitu bukti fisik (X1) dengan t hitung sebesar 4,227, daya tanggap (X3) dengan t hitung sebesar 4,562, dan empati (X5) dengan t hitung sebesar -2,243. Sedangkan untuk substruktur 2, variable yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien yaitu bukti fisik (X1) dengan t hitung sebesar -2,128, daya tanggap (X3) dengan t hitung sebesar 3,574, empati (X5) dengan t hitung sebesar 2,987.

Pernyataan Tanggungjawab SKRIPSI
Pengarang Arthan, Julius (11116012) - Personal Name
Lilik Indrawati - Personal Name
Edisi
No. Panggil SKRIPSI FE-M ART a 2015
ISBN/ISSN ---
Subyek QUALITY OF SERVICE
PRICE--CUSTOMER SATISFACTION
Klasifikasi NONE
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FE-UKDC
Tahun Terbit 2015
Tempat Terbit Surabaya
Deskripsi Fisik vi, 76hlm : il ; 30cm. bibl
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...