Saat ini pertumbuhan industri hotel berkembang pesat. Hal ini menyebabkan persaingan yang ketat pula. Melihat kondisi seperti ini maka para pelaku usaha perhotelan berlomba-lomba dalam memperbaiki fasilitas yang ada, salah satunya pada bagian restaurant. Dimana tidak hanya memperbaiki dalam hal sarana prasarananya, makanan dan minuman yang enak, tetapi juga harus memperhatikan pelayanan prima yang diberikan kepada konsumen/pelanggan. Pelayanan prima harus diperbaiki untuk memenuhi kepuasan para pelanggan restaurant. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan pelanggan secara parsial maupun secara simultan di Oryza Coffee Shop The Alana Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah pengunjung pria dan wanita berusia 20-50 tahun yang melakukan pembelian makanan dan minuman di restaurant. Maka sampel yang diambil sebanyak 84 orang. Penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda. Pengujian secara Simultan memberikan kesimpulan bahwa keenam variabel pelayanan prima yang terdiri dari Kemampuan, Penampilan, Perhatian, dan Tindakan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan yaitu dengan hasil nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel hitung (18,291 > 2,219), dan nilai signifikansi (sig) = 0,000 yang lebih kecil dari nilai α = 0,05. Hasil Analisis juga menunjukkan bahwa secara parsial hanya variabel Penampilan dengan hasil nilai t hitung > t tabel(5,900 > 1,991) dengan tingkat signifikansi (0,000 < 0,025), Variabel Perhatian dengan hasil nilai t tabel hitung > t (4,049 > 1,991) dengan tingkat signifikansi (0,000< 0,025) dan Variabel Tanggung Jawab dengan hasil nilai t tabel hitung > t tabel (-6,947 > -1,991) dengan tingkat signifikansi (0,000 < 0,025) yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasaan pelanggan. Sedangkan variabel kemampuan dengan hasil nilai t hitung < t tabel (2,072 < -1,991) dengan tingkat signifikansi (0,042 > 0,025) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dan Uji Determinasi (R2) diperoleh hasil sebesar 0,481, yang artinya 48,1% kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh variabel bebas yang diteliti, yaitu variabel Kemampuan (X1), Penampilan (X3), Perhatian (X4), dan Tanggung jawab (X6) sedangkan 51,9% sisanya di pengaruhi oleh variabel lain.
|