Setiap perusahaan/ organisasi harus memiliki strategi yang tepat dalam menjalankan setiap proses kegiatan agar dapat mencapai tujuan yang akan dicapai. Tidak terkecuali pada sebuah institusi pendidikan yang berstatus Perguruan Tinggi maupun Universitas. Oleh sebab itu melalui cara yang kreatif dan inovatif maka Unika Darma Cendika mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas Mahasiswanya. Untuk itu Universitas Katolik Darma Cendika harus mampu menciptakan iklim dan atmosfir yang kondusif bagi setiap calon Mahasiswanya. Dengan berlandaskan visi misi serta motto (pengetahuan yang bermoral) akan mampu melahirkan nilai-nilai kepercayaan dan citra Universitas yang baik dimata
masyarakat terutama bagi calon Mahasiswa baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan Strategi Pemasaran yang sesuai pada Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya oleh unit PMB menggunakan Analisis Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Metode penelitian ini adalah studi kasus. Alat analisis yang digunakan adalah: Matriks IFE, EFE,
SWOT, IE, dan QSPM. Hasil dari penelitian ini adalah : menghasilkan beberapa alternatif strategi yang layak untuk diterapkan oleh Unika Darma Cendika dalam mengimplementasikan
sistem pemasarannya dengan upaya meningkatkan jumlah Mahasiswa baru. Berdasarkan analisis faktor internal dan ekternal, maka Unika Darma Cendika saat ini berada pada posisi (bertumbuh dan membangun). Maka alternatif strategi yang menjadi prioritas utamanya adalah Strategi Intensif (Strategi Penetrasi Pasar: dengan cara menggencarkan promosi besar-besaran, meningkatkan aktivitas publisitas) dan (Strategi Pengembangan Produk: melahirkan program studi baru dan pendidikan berbasis riset). Dengan strategi demikian diharapkan Unika Darma Cendika dapat eksis di tengah ketatnya persaingan Perguruan tinggi.
|