Pertumbuhan hotel yang cepat di Surabaya dan sekitarnya ini memicu persaingan ketat antar hotel dalam mendapatkan tamu dan untuk meningkatkan tingkat okupansi hotel mereka. Persaingan yang ketat antar hotel ini menyebabkan konsumen memiliki banyak pilihan untuk menginap di hotel karena berbagai penawaran yang diajukan oleh pihak hotel untuk menarik perhatian tamu. Berdasarkan latar belakang ini, maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan tamu menginap di hotel Kemuning Sidoarjo. (2) mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi keputusan tamu menginap di hotel Kemuning Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan di hotel Kemunig Sidoarjo dengan teknik analisis faktor. Teknik pengambilan sampel yang digunakan melalui pendekatan Non Probability Sampling dengan 50 responden. Penelitian ini dilakukan dalam kurun waktu bulan Juni-Juli 2015. Dari 32 variabel asli yang diteliti, tersisa hanya 27 variabel yang dapat direduksi menjadi 8 faktor. Ke delapan faktor yang terbentuk,
yaitu faktor pelayanan, persepsi, produk, utama, gaya hidup, eksternal, motivasi, dan lingkungan. Masing-masing faktor tersebut berkontribusi cukup besar dalam mendorong para tamu untuk memutuskan menginap di hotel Kemuning Sidoarjo.
|