Strategi adalah suatu alat yang digunakan perusahaan untuk memenangkan persaingan dan mencapai tujuan perusahaan dengan konsep pengalokasian sumberdaya perusahaan yang efisien dan efektif dalam situasi lingkungan yang berubah-ubah. Strategi merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi perubahan lokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Dalam strategi pemasaran terdapat beberapa faktor utama yangmenyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran, yaitu: Daur hidupproduk, posisi persainganperusahaan di pasar dan situasi ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pemasaran di Restorant La Rucola Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan wawancara langsung dan pengisian angket yang dilakukan oleh penulis kepada Supervisor, Purchasing, dan beberapa senior staff yang bekerja di Restorant La Rucola. Metode analisis yang digunakan adalah teknik analisis data dan analisis SWOT. Untuk menggunakan analisis SWOT digunakan alat bantu IFE, EFEmatriks, IEmatriks, dan matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi La Rucola pada IE Matriks berada pada sel V, dengan demikian strategi yang diterapkan adalah strategi Hold and Maintain. Strategi ini terdiri dari strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk, dimana diketahui bahwa total skor tertimbang untuk faktor internal sebesar 2.7609 dan total skor tertimbang untuk faktor eksternal sebesar 2.7956.
|