Buku ini menyajikan penerapan teori ekonomi serta metodologinya dalam proses pengambilan keputusan di dunia bisnis, dalam kondisi riil yang penuh dengan ketidakpastian dan risiko. Pembahasan buku ini diawali dengan pengantar ekonomi bisnis dan pengambilan keputusan manajerial yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tentang analis risiko dan ketidakpastian dalam pengambilan keputusan. Bagian selanjutnya memfokuskan pembahasan kepada analitis utilitas pada perilaku konsumen, analisis permintaan pasar untuk dasar pengambilan keputusan, estimasi fungsi permintaan, fungsi produksi dan kurva biaya, konsep biaya untuk pengambilan keputusan, dan estimasi biaya. Pada bagian akhir, sorotan pembahasan beralih kepada bentuk-bentuk pasar persaingan, penentuan harga, keputusan periklanan dan promosi, dan kualitas produk beserta strategi perusahaan.
Diramu dengan bahasa yang mudah dimengerti, buku ini dilengkapi dengan contoh nyata agar dapat memberikan implikasi bagi para manajer dalam mengambil keputusan.
|