Book's Detail
Kualitas Pelaporan Keuangan

Riset kualitas pelaporan keuangan merupakan salah satu bagian riset akuntansi khususnya akuntansi keuangan. Riset ini berkembang seiring dengan pemberlakuan sejumlah standar akuntansi untuk menyusun laporan keuangan di berbagai organisasi. Perusahaan go-public mendasarkan pada Standar Akuntansi Keuangan (SAK) berbasis IFRS. Sektor UKM dan BPR konvensional mengacu pada Standar Akuntansi ETAP Entitas Pemerintah (Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah), mendasarkan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), lembaga keuangan syariah, khususnya perbankan syariah (bank umum syariah, unit usaha syariah dan BPRS, mengacu pada Standar Akuntansi Syar [SAS]). Adapun entitas syariah nirlaba, yaitu Organisasi Pengelola Zakat (BAZ dant mendasarkan PSAK 109 tentang Zakat dan Infak/Sedekah.

Melalui pengujian kualitas pelaporan keuangan, dapat diketahui apakah pelaporan keuangan suatu entitas telah memenuhi harapan pengguna. Seperti apakah pelaporan keuangan telah memenuhi karakteristik kualitatif informasi keuangan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Apakah penyusun laporan keuangan (manajemen) menerapkan praktik manajemen laba. Apakah informasi akuntansi memengaruhi harga saham. Atau apakah pelaporan keuangan mengungkapkan informasi yang cukup dan wajar sesuai keinginan pemilik entitas.

Buku ini menjelaskan kualitas pelaporan keuangan secara komprehensif. Dimulai dari fenomena kasus pelaporan keuangan yang terjadi di luar dan di dalam negeri. Kemudian konsep kualitas pelaporan yang menjelaskan apa itu laporan keuangan, pelaporan keuangan dan kualitas pelaporan keuangan. Konsep ini dijelaskan oleh para ahli melalui buku, jurnal internasional, dan karya ilmiah lainnya. Selanjutnya adalah pengujian kualitas pelaporan keuangan yang memaparkan berbagai dimensi dan pengukuran dalam pengujian kualitas pelaporan keuangan. Peneliti dapat memilih salah satu dimensi pengujian sesuai dengan argumentasi ilmiahnya. Dua pembahasan berikutnya adalah faktor penentu dan dampak ekonomi kualitas pelaporan keuangan. Dalam dua pembahasan ini dijelaskan beberapa faktor yang memengaruhi tinggi rendahnya kualitas pelaporan keuangan dan dampak yang ditimbulkan dari pelaporan keuangan yang berkualitas. Pembahasan bagian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman bahwa kegiatan pelaporan keuangan merupakan satu dari berbagai kegiatan yang ada di suatu organisasi sehingga keberadaannya aka sangat dipengaruhi oleh dan juga memengaruhi kegiatan lainnya.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Winwin Yadiati - Personal Name
Mubarok, Abdullah - Personal Name
Edisi
No. Panggil 657 WIN k
ISBN/ISSN 9786024221324
Subyek
Klasifikasi 657
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Kencana
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit Jakarta
Deskripsi Fisik 200 hlm ; 20,5 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...